Sakit Tenggorokan Saat Menelan

Apakah Anda Mengalami Sakit Saat Menelan? Tenggorokan Terasa Gatal?

Sakit faringitis

Sakit Tenggorokan Saat Menelan – Gejala tersebut patut untuk diwaspadai kalau tak kunjung membaik dan sakit berkepanjangan. Penyakit tenggorokan ini disebut dengan Faringitis. Faringitis merupakan terjadinya radang pada tenggorokan yang disebabkan oleh virus. Biasanya gejala faringitis atau sakit tenggorokan disertai dengan penyakit lain seperti flu, demam, sakit kepala, mual, batuk dan mengakibatkan perubahan pada suara menjadi serak.

Penyakit sakit tenggorokan ini kebanyakan terjadi pada anak anak dan remaja karena mereka karena sistem kekebalan dari virus ini akan terbentuk pada usia dewasa. Selain disebabkan oleh virus, penyakit ini juga biasanya disebabkan oleh bakteri yang bernama streptokokus Grup A, N.gonorrhoeae,C.diphtheria dan bakteri penyebab faringitis lainnya.

Ketika bakter dan virus telah mencapai sestemik pada tubuh maka dapat mengakibatkan gejala lain yaitu seperti lemah dan lesu, terjadi nyeri sendi pada bagian otot, kurangnya nafsu makan dan meningkatnya jumlah sel darah putih. Apabila penyakit ini berlangsung secara berkepanjangan maka akan beresiko terkena penyakit liannya seperti tersumbatnya aliran pernafasan( ini terjadi pada penderita radang yang berat), dinding belakang mukosa faring, infeksi oleh bakteri streptococcus yang bisa menyebar ke telinga, siusitis, penyakit demam rematik, radang ginjal dll.

Baca juga : Obat Paru Paru Basah Alami

                  Bahaya Debu Silika Bagi Kesehatan

Gejala yang timbul dari penyakit ini diantaranya adanya sakit saat menelan dan menyebabkan radang tenggorokan, amandel yang membesar, demam tinggi, pembesaran kelenjar getah bening di leher. Adapun cara untuk mengurangi gejala ini bisa dilakukan dengan menghindari asap rokok, tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu panas atau terlalu dingin, berkumur dengna air garam hangat, minum air yang cukup.

Permasalahan faringitis diperparah dengan keadaan penderitanya sulit menelan makanan, bahkan tidak bisa makan. Keadaan ini tentu akan mengurangi asupan makanan yang bergizi ke tubuhnya yang pada akhirnya akan mengganggu dalam proses penyembuhan.

Akan tetapi tidak perlu khawatir, pada penderita faringitis yang disebabkan oleh virus, akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Pasien hanya diberikan obat symptomatis untuk mengurangi penderitaannya karena kesakitan menelan dan gejala flu yang lain. Sebaliknya bila faringitis disebabkan oleh bakteri, baru diperlukan antibiotika yang adekuat untuk membunuh bakteri jahat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *