Penyakit Paru Paru Pneumotoraks

Tentang Penyakit Pneumotoraks

tentang penyakit pneumotoraksPenyakit Pneumotoraks – Pneumotoraks merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya udara dalam rongga pleura dan ditandai dengan mengempisnya paru paru akibat bocor ke udara. Adanya udara antara dua lapisan pleura tersepbut dapat meningkatkan tekanan pada rongga bagian dadan dan dapat menyebabkan daerah paru paru menjadi tertekan yang mengakibatkan kondisi paru paru tersebut menjadi mengempis. Hal tersebut dapat berakibat fatal dan menyebabkan paru paru tidak bisa mengembang karena tekanan tersebut dan penyakit ini sering diderita oleh penyelam atau pilot.

Kebanyakan penyebab pneumotoraks yaitu karena trauma pada fisik dan pada dada. Udara yang keluar dari paru paru melalui rongga pleura pada saat kantung udara di paru paru meledak, latihan fisik yang ekstrim atau berlebihan dapat memicu terjadinya penyakit pneumotoraks atau juga bisa disebabkan oleh kompikasi berbagai macam penyakit paru paru.

Gejala secara klinis penyakit pneumotoraks memang belum diketahui faktor penyebabnya namun menurut penelitian ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan pneumotoraks ini yaitu seperti TBC paru paru, penyakit asma, penyakit paru paru obstruktif kronik, serta penyakit bawaan sejak lahir.

Ciri ciri dari penyakit pneumotoraks yaitu dapat menyebabkan sulitnya bernafas dan sakit di bagian dada serta diikuti dengan nafas yang pendek, denyut jantung cepat, nafas yang cepat juga batuk secara terus menerus serta dapat mengakibatkan kelelahan. Rasa sakit tersebut tidak selalu muncul namun bisa menetap apabila terjadi adanya perlengketan antar pleura viseralis dan pleura parietalis.

Pencegahan Penyakit Pneumotoraks

Untuk mengobati penyakit pneumotoraks yaitu tergantung pada luas daerah yang terjangkit. Tujuannya yaitu untuk mengeluarkan udara dari rongga pleura sehingga paru paru bisa mengembang dan berfungsi sebagaimana mestinya. Pengobatan ini juga biasanya dilakukan pada penderita pneumotoraks yang sudah parah yang menderita sesak nafas serius. Untuk perawatan lebih inten nya bisa dilakukan dirumah sakit karena untuk mencegah penyakit ini datang kembali saja diperlukan pembedahan. kebanyakan penderita pneumotoraks yang sudah sembuh mengalami kambuh oleh sebab itu perlu penanganan khusus untuk mengobati penyakit ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *