Penyakit Emfisema Pada Paru Paru

Tentang Penyakit Emfisema

Penyakit Emfisema Pada Paru Paru – Penyakit emfisema merupakan kondisi dimana kantung udara pada paru paru secara perlahan lahan mengalami kehancuran sehingga mengakibatkan penderita kesulitan untuk bernafas dan nafas tersebut menjadi pendek. Penyakit ini tergolong kepada penyaki obstruktif kronis (PPOK). Penyakit emfisema dapat membuat penderitanya sesak nafas terus menerus ketika mengeluarkan tenaga dan lebih mudah lelah dalam melakukan sesuatu, penyakit ini juga bisa disebut dengan paru paru basah.

Baca Juga : http://obatparubasah.com/sakit-tenggorokan-saat-menelan/

Kesulitan bernafas pada penderita emfisema ini disebabkan karena tekanan udara yang berlebihan dari kantung udara di dalam paru paru. Jadi ketika seseorang menarik nafas maka kantung udara dalam paru paru akan mengembang sehingga udara yang masuk melakukan pertukaran gas antara kantung udara dan darah. Dan pada waktu menghembuskan nafas, jaringan elastis dari kantung udara tersebut menyebabkan kembali menguncup dan memaksa udara untuk keluar dari paru paru melalui saluran pernafasan.

gejala penyakit emfisema pada paru paruGejala Penyakit Emfisema

Gejala penyakit emfisema ini kebanyakan terjadi pada pria yang sudah berumur lebih dari 50 tahun yang telah menjadi perokok berat bertahun tahun. Penderita emfisema pada perokok berat dapat menyebabkan hilangnya elastisitas dan kerusakan pada paru paru yang diakibatkan oleh bahan kimia dan zat berbahaya dalam rokok sehingga mengakibatkan kantung udara paru paru mengalami ekspansi atau pembesaran terus menerus dan udara tidak bisa keluar sama sekali. Hal tersebut dapat menyebabkan pengempisan saluran pernafasan dan dapat membatasi udara untuk mengalir keluar.

Berikut beberapa Gejala Emfisema Paru Paru

  • Kemampuan berolahraga menjadi menurun
  • Terjadi pembengkakan pada mata kaki
  • Sering merasa lelah
  • Nafsu makan berkurang dan mengakibatkan menurunnya berat badan secara drastis
  • Nafas sesak
  • Bibir tampak kebiruan
  • Batuk menahun

Apabila seseorang tengah mengidap penyakit emfisema paru paru maka ada beberapa cara atau pengobatan untuk menghindari dari berbagai penyakit komplikasi paru paru serperti dibawah ini:

1. Hindari asap rokok. Terutama bagi pecandu rokok, sebaiknya mulailah berhenti merokok dari sekarang karena untuk menghentikan perkembangan dari penyakit emfisema.

2. Olahraga secara rutin dan teratur. Olahraga dapat membuat tubuh menjadi sehat, juga dapat membuat pernafasan menjadi lega karena dapat meningkatkan kapasitas paru paru.

3. Lindungi diri dari cuaca dingin. Untuk penderita emfisema, udara dingin harus dihindari karena dapat membuat penderita menjadi kesulitan untuk bernafas, sehingga penyakit emfisemanya bisa bertambah parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *