Penjelasan Tentang Penyakit Langka Cystic Fibrosis

cystic fibrosis

Cystic Fibrosis merupakan sebuah penyakit dimana adanya lendir dan beberapa kelenjar pada organ yang penting. Penyakit ini merupakan penyakit yang menular melalui keturanan atau mutasi genetik. Cystic fibrosis sangat berbahaya dan mematikan ketika menyerang organ saluran pernafasan seperti paru-paru. Lendir yang dihasilkan dari penyakit ini dapat menyumbat pada saluran pernafasan sehingga terjadi infeksi dan radang.

Lendir yang lengket dapat menghalangi saluran pada pankreas yang mengaikbatkan enzim pencernaan tidak dapat mencapai usus kecil, dimana enzim berfungsi untuk menguraikan makanan yang telah dikonsumsi. Hal tersebut mengakibatkan tubuh pasien kekurangan gizi dan nutrisi yang cukup seperti kekurangan Vitamin A, D, E dan K. Selain itu mengakibatkan penumpukan gas yang terjadi pada usus sehingga menyebabkan perut menjadi membengkak dan nyeri.

Pada anak yang mengidap penyakit cystic fibrosis biasanya terlihat pada saat buang air besar, dimana tinja berwarna pucat dan berminyak. Efek yang ditimbulkan dari penyakit ini berupa lambatnya pertumbuhan anak, terjadi kram pada perut setelah mengonsumsi makanan yang berlemak, terdapat batu empedu, dan gangguan liver.

Untuk pasien yang terinfeksi pada saluran pernafasan biasanya terjadi pertumbuhan polip pada hidung, radang sinus, asma, batuk berkepanjangan disertai dengan dahak yang kental, pneumonia dan bronkitis.

Baca Juga : Obat Pneumonia Alami

Sinusitis merupakan penyakit dimana ruang udara di belakang hidung, dahi dan mata diisi dengan sinus. ruang udara tersebut berisi cairan yang membuat organ menjadi lembab akan tetapi ketika sinus mengalami pembengkakan, mereka akan terhalang oleh lendir sehingga mengalami infeksi.

Tanda-tanda penyakit Cystic Fibrosis

Berikut ini adalah tanda umum seseorang terkena penyakit cystic fibrosis :

  • Batuk yang mengeluarkan dahak kental
  • Kulit terasa sangat asin
  • Diare dan mengeluarkan tinja yang besar, berminyak dan berbau busuk
  • Dehidrasi
  • Nafsu makan meningkat tetapi diikuti dengan penurunan berat badan yang drastis.
  • Sakit lambung karena terjadi penumpukan gas dalam usus
  • Impotensi

Menurut sebuah studi dari 22 anak anak penderita cystic fibrosis menemukan bahwa gaya hidup menjadi pemicu utama penyebaran penyakit ini. Faktor lingukangan dengan pasien cystic fibrosis membuat penyakit ini sulit untuk diberantas sampai ke akar-akarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *