Gejala dan Penyebab Paru-Paru Basah

Gejala dan Penyebab Paru-Paru BasahParu-paru basah (pneumonia) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri dan virus yang menyebabkan fungsi dari paru-paru tersebut terganggu sehingga kantong udara pada paru-paru menjadi penuh ( terendam air ) dengan cairan dan nanah.

Gejala dan Penyebab Paru-Paru Basah pneumonia

Di masyarakat kita, paru-paru basah biasa dikenal dengan nama bronkitis (bronchitis). Penyakit tersebut terjadi karena infeksi pada saluran pernafasan, gejala awalnya seperti pilek, flu yang lebih dari satu minggu. Jadi apabila menderita penyakit pilek atau flu lebih dari seminggu, segeralah untuk periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Gejala Paru-Paru Basah

Banyak tanda atau gejala dari penyakit paru-paru basah, seperti gejala dibawah ini :

  • Demam
  • Sakit Dada
  • Sakit Tenggorokan
  • Batuk Berdahak (diawali dengan batuk kering)
  • Mata Berair
  • Merasa Lelah & Lesu

Selain gejala paru paru basah seperti diatas, gejala lain terjadinya penyakit ini adalah nafsu makan menjadi berkurang. Akibatnya berat badan terus menurun drastis. Penderita paru-paru basah juga mengalami keringat dingin pada bagian telapak tangan dan kaki.

Dan apabila penyakit ini sudah parah, maka akan berakibat perubahan warna pada kulit karena kurangnya asupan oksigen pada tubuh. Perubahan tersebut menjadikan kulit berwarna keunguan. Maka dari itu perlu penanganan lebih lanjut apabila terjadi gejala seperti itu.

Penyebab Paru-Paru Basah

Seperti yang sudah dibahas diatas, bahwa penyebab paru paru basah adalah berasal dari infeksi jamur, bakteri dan virus. Namun ada hal lain yang menyebabkan seseorang menderita penyakit paru-paru basah.

Berikut adalah penjelasan mengenai penyebab dari paru-paru basah :

1. Virus .

Virus menjadi penyebab umum dari penyakit paru-paru basah. Virus ini dapat melemahkan dan membuat saluran udara bronkial menjadi iritasi sehingga mengakibatkan bronkitis kronis.

2. Merokok.

Buat yang sering merokok atau pecandu rokok, segeralah buang jauh – jauh rokok anda. karena merokok dalam jangka yang panjang dapat mengakibatkan saluran bronkian menghasilkan lendir yang banyak sehingga rawan terkena penyakit bronkitis

3. Polusi.

Polusi udara juga menjadi penyebab penyakit paru-paru basah, karena dalam polusi udara seperti polisi yang dihasilkan dari pabrik, penambang batu bara, mengandung zat yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

4. Hindari Minuman Keras / Alkohol.

Minuman keras yang mengandung alkohol bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit termasuk paru-paru basah.

Lalu apakah penyakit paru-paru basah menular?

Masyarakat Indonesia banyak berasumsi bahwa penyakit paru-paru basah disebabkan oleh terlalu sering keluar malam, kebiasaan begadang, tidur pada tempat yang dingin/teras, sering berkendara di malam hari. Memang hal tersebut ada kaitannya sedikit, namum sebenarnya keluar pada malam hari dan kebiasaan yang disebutkan diatas bukan faktor utama penyebab penyakit paru-paru basah.

Menurut beberapa ahli kesehatan, bepergian di malam hari dapat membuat daya tahan tubuh mejadi lemah yang mengakibatkan mudahnya berbagai macam penyakit menyerang tubuh. Keluar pada malam hari boleh boleh saja, asalkan selalu menjaga kondisi tubuh, seperti dengan melakukan olahraga yang teratur, atau dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Sebenarnya menular atau tidaknya tergantung dari dampak penyakit paru-paru basah tersebut. Kalau penyakit paru – paru basah tersebut mengakibatkan penyakit TBC, maka penyakit paru-paru basah bisa dikatakan menular. Penyakit TBC bisa menular melalui udara. Namun sebenarnya penyakit paru-paru basah belum tentu merupakan penyakit TBC.

Jadi kesimpulannya penyakit paru-paru basah bisa menular dan bisa saja tidak. Karena apabila penyakit ini disebabkan oleh tumor atau trauma, maka penyakit ini tidak menular, tapi jika penyakit ini disebabkan oleh bakteri atau virus maka bisa saja penyakit paru-paru basah menjadi menular.

Lembabnya udara dan daya tahan tubuh menjadi lemah merupakan hal yang dapat mempermudah terkena penyakit paru-paru basah yang disebabkan oleh virus,bakteri atau jamur. oleh karena itu mulailah hidup sehat dari sekarang dengan istirahat yang cukup, tidak merokok, olahraga yang teratur, dan mengkonsumsi makanan yang sehat sehingga anda bisa terhindar dari penyakit paru-paru basah.

Demikanalah ulasan tentang Gejala dan Penyebab Paru Paru Basah yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat, apabila anda ingin mengobati paru-paru basah, bisa segera memesan kepada kami obat herbal paru-paru basah kualitas terbaik yang sudah teruji secara klinis serta terdaftar di BPOM RI dan bersertifikat HALAL.

Obat Paru-Paru BasahPost by. Obat Paru Basah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *