Debu Silika Menyebabkan Penyakit Paru Paru

Debu Silika Menyebabkan Penyakit Paru Paru – Silika merupakan campuran mineral yang terdiri dari satu atom silikon dan dua atom oksigen. Orang yang menghirup debu silika akan mengakibatkan peradangan dan pembentukan jaringan parut pada paru paru dan penyakit ini disebut Silikosis.

Pada saat orang menarik nafas, udara yang mengandung partikel akan terhirup ke dalam paru-paru. Ukuran partikel (debu) yang masuk ke dalam paru-paru akan menentukan letak penempelan atau pengendapan partikel tersebut.

  • Partikel yang berukuran kurang dari 5 mikron akan tertahan di saluran nafas bagian atas,
  • Partikel berukuran 3 sampai 5 mikron akan tertahan pada saluran pernapasan bagian tengah.
  • Partikel yang berukuran lebih kecil yaitu 1 sampai 3 mikron, akan masuk ke dalam kantung udara paru-paru kemudian  menempel pada alveoli.
  • Partikel yang lebih kecil lagi yaitu kurang dari 1 mikron, akan ikut keluar saat nafas dihembuskan.

Jenis Penyakit Silikosis

Penyakit silikosis dibedakan menjadi 3

1. Silikosis kronis simplek, terjadi pada pemaparan sejumlah kecil debu silika dalam jangka waktu lebih dari 18 tahun.

2. Silikosis Akselerata. terjadi karena sudah terpapar oleh sejumlah silika dalam jangka waktu yang lebih pendek yakni 4-8 tahun.

3. Silikosis Akut, ini terjadi pada silikosis berjumlah besar, dan dalam jangka waktu yang pendek menyerang paru paru dan meradang serta terisi oleh cairan dan menimbulkan sesak nafas.

Penyakit silikosis sering terjadi pada orang yang bekerja di pertambangan, konstrukis, pemotongan batu alam, pengecoran logam.

Gejala awal yang terjadi pada penderita silikosis noduler yaitu terlihat pada batuk yang berdahak seperti bronkitis dikarenakan adanya iritasi pada pernafasan. Untuk penderita silikosis konglomerata sama sepreti penderita silikosis noduler yaitu akan mengalami batuk berdahak namun disertai dengan sesak nafas. Dan untuk  penderita silikosis akut yaitu  dapat terlihat dari gejalanya seperti demam, batuk, gangguan pernafasan, dan penurunan berat badan.

Pengobatan

Sampai saat ini tidak ada pengobatan khusus untuk penyakit silikosis, maka dari itu sangat penting untuk menghilangkan sumber paparan terutama sejak awal penyakit. Namun yang patut dihindari terutama untuk penderita silikosis akut yaitu dengan berhenti merokok atau menjauhi asap rokok karena penderita silikosis sangat rentan terhadap penyakit lain dan memiliki resiko terkena penyakit TBC. Selain itu pencegahan bisa dilakukan dengan mengawasi tempat lingkungan pekerjaan. Apabila debu tidak bisa dikontrol, maka diharuskan untu kmenggunakan peralatan yang dapat memberikan udara yang bersih.

Baca Juga :

Penyakit Paru Paru Pneumotoraks

Obat Paru Paru Basah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *