Bahan Bangunan Asbes Dapat Memicu Penyakit Paru Paru

Taukah Anda Bahwa Bahan Bangunan Asbes Dapat Menyebabkan Penyakit Paru – Paru ?

 

bahaya asbes bagi paru paruBahan asbes yang kita ketahui sebagai atap rumah ternyata berbahaya bagi kesehatan dan dapat memicu terjadinya penyakit paru paru. Zat yang terkandung dalam asbes dapat mengakibatkan kerusakan pada paru paru bahkan bisa sampai ke penyakit kanker paru paru. Serat yang terkandung dalam asbes apabila terhirup dapat mengakibatkan munculnya jaringan parut di dalam paru paru. Jaringan tersebut tidak berfungsi dengan baik karena zat asbes yang terhirup sehingga proses menghempis dan mengembangnya paru paru menjadi terganggu. Penyakit ini dinamakan Asbestosis.

Orang yang sangat beresiko terkena penyakit ini yaitu orang yang bekerja pada sebuah pabrik industri pertambangan, pekerja konstruksi dan industri lainnya yang rawan dengan polusi asbes itu sendiri. Selain serat asbes tersebut dapat mencemari orang lain melalui pakaian yang menempel pada pekerja pabrik tersebut

Gejala Penyakit Asbestosis

Gejala yang dirasakan oleh penderita asbes muncul secara bertahap karena penyakit ini terjadi setelah jaringan parut dalam jumlah yang sangat banyak sehingga mengakibatkan kinerja paru paru kehilangan elastisitasnya. Berikut beberapa tahapan gejala dari penyakit asbestosis

  • Nafas menjadi sesak karena terhirup zat dari asbes. dikarenakan akumulasi cairan dalam rongga pleura dan membentuk plak pada selaput fleura.
  • Badan menjadi lemas. Semakin lama kondisi fisik penderita asbestosis semakin lemah dan lama kelamaan juga akan semakin sulit untuk bernafas.
  • Nyeri di bagian dada. Serat asbes dapat menyebabkan kanker pada pleura yang disebut dengan mesotelioma. namun ini bisa terjadi setelah 30 tahunan kemudian setelah terkena serat asbes tersebut dan lama kelamaan akan mengakibatkan nyeri pada bagian dada.
  • Batuk terus menerus. Ini terjadi pada perokok, apabila seorang perokok terkena serat asbes maka akan terjadi batu batuk dan mengi.

Pengobatan

Untuk mengatasi gejalanya bisa dilakukan dengan cara membersihkan lendir dari paru-paru dengan cara postural drainase, perkusi dada, dan vibrasi. Penderita asbestosis akan diberikan obat pengencer lendir, juga akan diberi oksigen, baik melalui selang plastik atau sungkup muka. Apabila diperlukan juga maka akan dilakukan pencangkokan paru-paru. Oleh karena itu jangan menganggap remeh polusi yang ada di sekitar kita, bahkan hal tersebut yang tidak kita sadari bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya.

 Artikel Lainnya : Penyakit Asma Pada Balita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *